Lapangan Futsal harus diperhatikan setiap pemain olahraga futsal. Futsal merupakan olahraga yang hampir sama seperti sepak bola, yaitu menendang dan menggiring bola supaya dapat dimasukkan ke dalam gawang lawan. Banyak orang menyebut permainan futsal seperti sepak bola mini.

 

Belakangan ini permainan olahraga futsal, nampaknya sudah banyak peminatnya. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Selain itu, lapangan yang dibutuhkan untuk olahraga futsal ini juga tidak seluas lapangan sepak bola. Jadi, jika seseorang memiliki tanah cukup luas bisa dijadikan lapangan futsal. Hal tersebut menjadi alternatif peluang usaha yang menjanjikan.

 

Walau pun ukuran lapangan futsal tak sebesar ukuran lapangan sepak bola, tapi untuk bermain futsal ini tak kalah menguras tenaga dan keringat, sebab ukuran lapangannya yang cukup kecil memaksa pemain untuk mempercepat pergerakan dan bergerak terus, supaya bola tak diambil oleh lawan.

 

Olahraga futsal ini juga telah ada sejak dulu dan sekarang ini sudah tercakup dalam pertandingan dalam level internasional.

 

Futsal awalnya dimainkan sebagai olahraga rekreasi. Olahraga ini hadir sebagai jawaban dari minimnya sarana lapangan sepak bola yang memadai. Namun, lambat laun futsal mulai banyak digemari. Bahkan, FIFA, federasi sepak bola dunia, pun melirik dan telah menentukan Laws of the Game dari permainan ini.

Di antara aturan tersebut, FIFA menentukan aturan ukuran standar lapangan futsal. Meski mirip, ukuran lapangan futsal dengan sepak bola memiliki perbedaan mencolok. Perbedaan tersebut dapat segera diketahui lewat ukuran lapangan masing-masing cabang olahraga.

 

Ukuran Lapangan Futsal Laws of the Game FIFA telah menentukan aturan terkait ukuran lapangan futsal ke dalam dua kategori, yakni kategori internasional dan non-internasional. Untuk pertandingan internasional, panjangnya berkisar minimal 38 meter dan maksimal 42 meter.

Sedangkan lebarnya minimal 20 meter dan maksimal 25 meter. Sementara itu, untuk lapangan futsal non-internasional, panjang lapangan minimal 25 meter dan maksimal 42 meter dengan lebar minimal 16 meter dan maksimal 25 meter. Pitch harus berbentuk persegi panjang dan ditandai dengan garis.



Panjang garis sentuh (dua garis batas yang lebih panjang) harus lebih besar dari panjang garis gawang (dua garis yang lebih pendek) dan semua garis harus memiliki lebar 8 cm. Selain itu, FIFA turut mengatur ukuran tiang gawang futsal. Dalam hal ini, baik kategori internasional maupun non-internasional harus memiliki tinggi 2 meter dan lebar 3 meter. Lingkaran tengah lapangan juga harus memiliki jari-jari tak lebih dari 3 meter.

Untuk material dasar lapangan futsal dapat disesuaikan, baik rumput sintetis ataupun polypropylene. Selain itu, lapangan bisa memakai bahan vinyl atau rubber yang terbuat dari bahan karet sehingga permukaannya empuk dan halus.

Aturan Lainnya Area penalti dalam permainan futsal membentuk garis seperempat lingkaran dengan jari-jari 6 meter. Untuk penalti, terdapat dua titik penalti, yakni titik terdekat dan titik terjauh dari gawang. Titik pertama berjarak 6 meter dari tengah-tengah antara kedua tiang gawang. Sedangkan titik kedua berjarak 10 meter dari tengah-tengah antara kedua tiang gawang.

 

Terdapat pula tanda lapangan yaitu:

  • Lapangan futsal ditandai dengan adanya garis pembatas lapangan. Garis tersebut yaitu garis samping atau touch line dan garis gawang atau goal line.
  • Ketentuan lebar garis pembatas yaitu 8 centimeter.
  • Lapangan futsal dibagi jadi dua yang sama luasnya dengan garis tengah.
  • Terdapat titik tengah dengan ditandai titik yang tepat pada tengah-tengah lapangan. Selain itu, terdapat garis melingkar dengan titik pusat berjari-jari 3 meter.

 

Lapangan futsal memang bukan lagi tempat yang asing bagi masyarakat. Belum lagi, di daerah pedesaan misalnya, sudah memiliki pertandingan 1 lawan 1.

 

Area Pinalti

Daerah pinalti yang dibuat pada lapangan futsal terdapat beberapa ketentuan. Seperti, terdapat dua garis seperempat lingkaran dengan jari-jari 6 meter. Selain itu setiap satu ujung garis seperempat tersebut menempel pada garis gawang. Kedua ujung dari garis tersebut terdapat garis lurus yang menghubungkannya. Panjangnya yaitu 3,16 meter.

 

Gawang

Desain lapangan futsal tidak terlepas dari ketentuan pembuatan gawang. Penempatan gawang tersebut haruslah ditempatkan di tengah garis gawang yang sudah tersedia. untuk ketentuan lebar gawang tersebut didapat dari pengukuran bagian dalam tiang yaitu 3 meter. Sedangkan tingginya sama juga diukur dari dalam tiang atas gawang yaitu 2 meter ke lantai. Standar bentuk yang diperbolehkan pada bentuk gawang adalah lingkaran dan kotak.

 

Tetapi, bentuk yang dianjurkan yaitu lingkaran. Hal tersebut dikarenakan lebih aman apabila terkena pantulan bola. Selain itu juga, bentuk penampang lingkaran akan menghasilkan arah yang lebih akurat. Kedalaman gawang adalah 80 centimeter, sedangkan bagian bawah adalah 100 centimeter. Bahan jaring gawang yang digunakan adalah berbahan nilon.

 

Teknik Dasar Permainan Futsal 

Passing atau Umpan

Passing atau mengumpan merupakan teknik dasar yang harus dikuasai penikmat olahraga futsal. Adapun teknik ini dilakukan dengan cara mengayunkan kaki hingga mengenai bola. Passing bisa menggunakan kaki bagian luar, dalam, punggung, dan sisi samping.

Kontrol Bola

Teknik dasar futsal lainnya adalah kontrol bola. Adapun kontrol bola dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam dan luar. Kontrol bola memanfaatkan sol sepatu untuk menghentikan laju bola dan menguasainya. 

Dribbling atau Menggiring Bola

Setiap pemain futsal haruslah menguasai teknik dribbling atau menggiring bola. Tujuan dari teknik dribbling ini adalah pemain dapat melewati pemain lawan sambil membawa bola. Teknik dribbling bisa menggunakan kaki bagian dalam, luar, dan punggung. 

Tendangan atau Shooting

Tendangan atau shooting merupakan teknik dasar futsal memanfaatkan bagian ujung sepatu. Jika seorang pemain memiliki teknik shooting yang mumpuni, maka semakin besar pula peluangnya untuk mencetak gol. 

Tackling 

Tackling atau menyeleding bola merupakan teknik dasar yang digunakan untuk merebut bola dari lawan. Namun untuk melakukan tackling haruslah hati-hati. 

Hal ini demi mengurangi risiko cedera pemain. Tackling dapat dilakukan dengan berdiri (Standing) dan meluncur (Sliding Tackle). 

Heading

Heading merupakan teknik dasar futsal yang memanfaatkan bagian kepala. Adapun bagian kepala yang digunakan untuk menyundul bola adalah ubun-ubun kepala. 

 

 

Peraturan Permain Futsal

  1. Setiap tim yang bertanding berisi 5 pemain. Jumlah pemain cadangan dalam satu tim yakni 9 pemain. 
  2. Laga futsal dipimpin oleh wasit utama. Dia dibantu oleh 3 orang wasit yakni wasit kedua, ketiga dan time keeper.
  3. Setiap pertandingan futsal terdiri dari 2 babak. Masing-masing babak memiliki waktu 20 menit. 
  4. Setiap pemain akan mendapatkan kartu kuning dan merah jika melanggar pemain lawan dengan skala ringan hingga berat. 
  5. Dalam futsal, tendangan bebas boleh dilakukan dalam kotak penalti.
  6. Pemain diperbolehkan melakukan tendangan langsung setelah kick off. 
  7. Eksekusi tendangan sudut harus dilakukan kurang dari 4 detik. 
  8. Saat mengeksekusi penalti, kiper lawan tidak boleh berada di luar garis gawang. 
  9. Saat melakukan tendangan penalti, pemain lawan harus berdiri di belakang sang eksekutor penalti dengan jarak 16 kaki. 

 

Previous articleSamsung Galaxy Z Fold 4 menjadi ponsel pertama dengan Android 12L

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here